Blog

L52TYVY-A5lhnD5nyfJfVFjXEXIIZFxLWRjxf2d9UV7dse9WdFQ2l86ridRdWEDol8CfiINN43FTcu_dig9talVtqdT9APlguDUvfbwvRML9pSE38ox75OPE8Oyl0vXn5Xk0IhcQ

Sebelum membahas lebih lanjut, sudahkah kamu tahu apa itu DBD? DBD merupakan kepanjangan dari Demam Berdarah Dengue atau lebih dikenal dengan demam berdarah. Penyakit ini timbul akibat gigitan nyamuk Aedes aegypti. DBD biasa menyerang siapa saja entah itu kaum muda maupun tua, dan biasa mewabah ketika musim penghujan tiba. Gejala terkena DBD mulai  muncul pada hari ke 4-10 yang ditandai dengan demam tinggi, muncul bintik merah pada kulit, mual, dan muntah.  Maka dari itu, untuk mencegah terserang penyakit DBD ini kita perlu melakukan langkah-langkah pencegahan yang wajib dilakukan di rumah. Apa saja kah itu? Berikut ulasannya.

Rutin menguras bak mandi dan penampungan air

Nyamuk Aedes aegypti biasanya  suka bersarang dan bertelur pada bak mandi dan penampungan air. Nah untuk memberantasnya, kita harus selalu rutin menguras dan membersihkannya, terutama pada saat musim hujan. Tidak hanya itu saja, kita juga tidak boleh membiarkan cucian piring dan gelas menumpuk karena bisa menjadi sarangnya nyamuk Aedes aegypti.

 

Memasang kelambu dan obat nyamuk

Ketika musim hujan tiba, seringkali di dalam rumah kita mendapati banyak, tak terkecuali nyamuk Aedes aegypti penyebab DBD. Nah untuk melindungi keluarga dari serangan-serangan nyamuk, kamu bisa menggunakan kelambu saat tidur. Dan lebih bagusnya lagi kita memasang  obat nyamuk  di dalam rumah sebagai perlindungan ganda dalam melindungi keluarga dari serangan nyamuk. Obat nyamuk pun beragam, ada yang disemprot, dibakar, dioles langsung ke kulit, hingga obat nyamuk elektrik.

Menutup jendela dan pintu rumah

Disaat musim penghujan, sebaiknya hindari kebiasaan membuka jendela dan pintu sebab akan memudahkan nyamuk-nyamuk masuk ke dalam rumah. Tutuplah jendela dan pintu rumahmu, dan jangan lupa untuk mengecek bagian dinding, lantai, hingga atap rumah apakah ada lubang atau tidak.

 

Memakai pakaian panjang

Jika kamu terbiasa memakai pakaian yang pendek karena mudah kepanasan, sebaiknya segera ganti pakaianmu dengan pakaian panjang seperti baju lengan panjang, celana panjang, dan rok panjang. Dengan begitu, akan mengurangi risiko terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti.

 

Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan di rumah

Langkah terakhir dalam pencegahan wabah DBD ialah selalu menjaga kebersihan di sekitar rumah yaitu dengan cara membersihkan area dalam dan luar rumah. Dalam menjaga kesehatan, pastikan keluargamu di rumah selalu mendapat asupan  sehat dan bergizi seimbang demi meningkatkan daya tahan tubuh. Sebab daya tahan tubuh yang kuat akan melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Itulah 5 langkah pencegahan wabah DBD yang wajib kita terapkan dalam lingkungan keluarga. Yuk sama-sama terapkan langkah-langkah diatas! Tips lainnya bisa didapatkan di www.synergyofficial.co.id/ Semoga bermanfaat ya….

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.