Blog

88Iyg88zjIsmzbcXmpw7SX6TdVqo8i4c36cvAVugKJmxyqfqH8zgdN5IIxX7cEg1x_M4ioml_OQTRMhUIzp4lJcRUDozwIeXQNjtoKZdVvIANKM9ak9JgOVQKNTgLMnilNIQLHoZ

Memakai merchandise sebagai bagian dari kegiatan promosi saat ini jadi hal yang menarik. Sebuah produk yang dibikin secara custom alias khusus dan nantinya akan diberikan kepada target pelanggan sebagai hadiah menarik saat melakukan kegiatan promosi. Dalam pemilihan jenis barang apa yang harus dipilih pastinya tak bisa meninggalkan sisi manfaat. Dan juga harus bisa mewakili perusahaan atau kantor yang ada. Maka dari itu dalam pemilihannya tak bisa sembarangan.

Strategi membagikan merchandise ini bisa dikatakan masih sangat bagus. Banyak orang mencari dan ingin mendapatkan barang ini karena ada promo lain yang dipakai sebagai satu paket penjualan. Tujuannya jelas sekali bahwa selain sebagai merchandise promosi perusahaan bisa juga sebagai kebanggan kepada pelanggan ketika memakai produk tersebut sehingga rasa puas ini terasa di hati. Apalagi bila mana produk tersebut yang memberikan dari sebuah brand terkenal dan ternama.

Lalu bagaimana caranya agar merchandise yang diberikan ini bisa mencapai target yang maksimal dan meningkatkan nilai di mata konsumen. Begini langkahya :

1. Tentukan target market

Hal penting sekali yang harus dilakukan adalah mengetahui siapa target marketnya. Dengan ini akan semakin mudah sekali mengambil langkah dalam penyusunan langkah promosi dan juga memilih jenis merchandise apa yang nantinya akan dipilih. Bila sudah tahu targetnya siapa juga mengetahui apa yang dibutuhkan para pelanggan, menjadikan dapat memberikan souvenir yang pas kepada konsumen sehingga mereka bisa mendapatkan manfaat nyata.

2. Punya nilai

Setiap barang yang akan diberikan kepada pelanggan harus perlu dipikirkan mengenai manfaat apa bagi mereka. Jangan sampai barang tersebut hanya numpang lewat saja diberikan dan diterima lalu diletakkan di meja atau malahan di buang di tong sampah. Bila ini terjadi maka akan sia – sia sekali.

Misalkan sebagai contoh memberikan souvenir powerbank. Mengapa memilih power bank?? Sekarang ini bisa dikatakan hampir setiap orang punya gadget. Dan barang yang satu ini sangat berharga sekali. Kemana – mana selalu dibawa pergi. Tak jarang ketika di perjalanan daya baterai gadget menjadi habis, dan powerbank sendiri akan jadi penyelamat penambah daya. Karena dipakai sebagai barang promosi maka di bagian bodynya di cetak mengenai logo brand atau perusahaan. Sehingga bila di bawa atau di letakkan di meja jelas terpampang nyata dan dapat terbaca.

3. Bikin custom

Dalam pembuatuatan merchandise ini sebaiknya mengikuti trend yang ada, Tujuannya adalah dengan mengikuti yang lagi ramai sekarang ini akan dengan mudah masuk dalam kalangan mereka dan pasti bisa di terima dengan mudah sekali. Misalkan saja tetap memakai powerbank dan event yang ada adalah world cup. Sehingga bagi yang mau membagikan bisa memcetak negara – negara peserta atau gambar pemain bintangnya. Dengan kondisi ini menjadikan suatu kebanggan bagi mereka dan yakin akan sering di pakai dan di perlihatkan ke banyak orang. So bakalanjadi sebuah marketing berjalan yang efektif.

4. Budget promosi

Ketika memutuskan memilih sebuah barang untuk kegiatan marketing pasti memerlukan biaya yang lebih banyak bila dibandingkan dengan memakai selebaran kertas. Maka dari itu buat yang sesuai dengan budget yang ada. Dan pastinya harus menggunakan bahan yang berkualitas. Karena bila salah memilih maka kredibilitas perusahaannya akan di pertanggung jawabkan.

5. Action

Ketika semua sudah selesai dan tersedia, hal selanjutnya yang tak kalah penting adalah action. Lakukan dengan mantap dan jangan setengah – setengah alias masif dalam melakukan kegiatan ini. Lakukan secara gigih kepada target market yang di tuju.

6. Menaikkan nilai brand

Bagaimana cara agar seseorang bila ingin sesuatu langsung tertuju pada barang tersebut?? Alias ingin ini ingatnya itu?? Yes disini penempatan brand harus kuat dan diingat konsumen. Dengan membagikan kepada konsumen maka lama – lama akan semakin terbaca dan tertanam di pikiran. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.