Blog

z4QZsDRy4tpfeqprX0KmlnafW6VnWWt2lN66v-UcKi0u8ZfMo7qE9JH0XsmQDqhA9RfSpdD1cpkGd_D7toxP6ZcT2QKMIMtAmIASutFUCsHWPgNxZWqIiKJ_0aCVblwQYODxHWoz

Dalam membuat sebuah makalah, jangan lupakan untuk membuat kata penutup. Kata penutup makalah sangat diperlukan untuk mengakhiri makalah yang Anda buat. Ada yang kurang dari sebuah makalah jika tidak ditutup dengan kata penutup.

Untuk mengetahui bagaimana cara menutup sebuah makalah, berikut adalah contoh kata penutup makalah yang dikutip dari website Academic Indonesia untuk Anda.

Langkah Membuat Kata Penutup Makalah

Mengakhiri sebuah makalah dengan kata penutup seringkali digunakan sebagai pelengkap berbagai macam karya. Entah itu adalah karya tulis ilmiah, makalah, skripsi, kliping, proposal, presentasi, pidato, buku, atau laporan.

Ketika Anda hendak membuat kata penutup sebaiknya gunakanlah tata bahasa yang baik dan benar. Tulislah rangkaian kalimat yang tidak terlalu panjang dan lebar tetapi mudah untuk dimengerti pembaca.

Dengan membuat kalimat penutup yang singkat namun padat ini diharapkan maksud dan tujuan dapat tersampaikan dan berakhir dengan tepat.

Nah, penutup makalah biasanya berisi tentang :

  1. Kesimpulan makalah berisi tentang simpulan akhir dari pembahasan yang sudah dibuat.
  2. Anda juga bisa menuliskan usul dan saran makalah sebagai saran dari penulis yang berkaitan dari isi makalah.

Kata Penutup Makalah

Berikut adalah contoh dari penutup makalah :

Contoh Pertama

Demikianlah tadi yang bisa penulis paparkan mengenai materi yang telah menjadi pokok bahasan di dalam makalah ini. Penulis menyadari tentunya di dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan serta kelemahan.

Hal ini dikarenakan terbatasnya pengetahuan dan kurangnya sumber atau referensi yang ada kaitannya dengan makalah yang ditulis. Penulis sangat berharap kepada para pembaca yang budiman agar memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.

Saran sangat penulis butuhkan demi sempurnanya tugas makalah ini dan juga penulisan makalah di kesempatan selanjutnya. Harapannya, semoga makalah yang ditulis ini dapat berguna bagi penulis dan khususnya bagi para pembaca pada umumnya.

Contoh Kedua

Seperti itulah yang bisa kami buat dalam makalah ini. Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan menjadi ilmu pengetahuan bagi para pembaca semuanya.

Kami juga mohon sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan teknis seperti ejaan yang salah di dalam penulisan kata atau kalimat yang kurang jelas untuk dimengerti pembaca.

Sebab bagaimanapun pula kami hanyalah manusia biasa yang tidak pernah luput dari segala kesalahan. Kami  juga sangat mengharapkan kritik serta saran dari para pembaca yang sifatnya membangun demi kesempurnaan makalah yang kami buat ini.

Cukup sekian dari kami, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Atas perkenaannya, kami ucapkan terima kasih.

Contoh Ketiga

Demikianlah tadi yang bisa penulis sampaikan tentang materi yang bisa dijadikan sebagai bahasan dalam makalah ini. Di dalam penulisan makalah ini tentunya terdapat banyak sekali kekurangan dan kesalahan.

Penulis banyak berharap kepada semua pembaca untuk untuk berkenan memberikan kritik dan saran yang konstruktif. Semoga penulis dapat terus belajar dari saran yang diberikan pembaca dan semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua

Contoh Keempat

A. KESIMPULAN

  • Warga negara berarti warga atau anggota dari suatu negara. Warga juga bisa diartikan sebagai anggota atau peserta. Jadi, arti warga negara secara sederhananya yaitu anggota dari suatu negara.
  • Kewarganegaraan adalah upaya untuk menjadikan bangsa bisa bersendikan kebudayaan, wawasan nusantara, serta ketahanan nasional dalam diri calon-calon penerus bangsa yang sedang mengkaji dan akan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Begitu luasnya tujuan tersebut menjadikan siapa yang memenuhi tujuan itu kebanggaan bangsa dan tauladan yang komplit.
  • Hak dan kewajiban masyarakat asing mengenai kesadaran akan bela Negara bisa terwujud dalam sikap dan perilakunya. Kesadaran ini bisa didapatkan dan dirasakan jika ia memahami konsepsi demokrasi dan hak asasi manusia yang sungguh-sungguh merupakan sesuatu yang paling sesuai dengan kehidupan sehari-hari.
  • Ada beberapa fungsi dan pentingnya kewarganegaraan bagi masyarakat asing adalah sebagai sarana untuk mengembangkan dan melestarikan nilai, moral pancasila secara dinamis dan terbuka dalam artian bahwa nilai moral mampu menjawab tantangan yang terjadi di masyarakat Indonesia dan juga masyarakat asing tanpan kehilangan jati diri bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Demikianlah tadi yang bisa penulis paparkan mengenai materi yang telah menjadi pokok bahasan di dalam makalah ini. Penulis menyadari tentunya di dalam penulisan makalah ini masih terdapat banyak kekurangan serta kelemahan.

Hal ini dikarenakan terbatasnya pengetahuan dan kurangnya sumber atau referensi yang ada kaitannya dengan makalah yang ditulis. Penulis sangat berharap kepada para pembaca yang budiman agar memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun.

Saran sangat penulis butuhkan demi sempurnanya tugas makalah ini dan juga penulisan makalah di kesempatan selanjutnya. Harapannya, semoga makalah yang ditulis ini dapat berguna bagi penulis dan khususnya bagi para pembaca pada umumnya.

Kesimpulan :

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada bab sebelumnya, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut:

  1. Berdasarkan persamaan regresi yakni locus of control dan dilema etika auditor berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan, artinya apabila variabel dependen menurun maka variabel independen juga menurun, begitu pula sebaliknya.
  2. Berdasarkan locus of control, terdapat perbedaan yang signifikan terhadap perilaku etis auditor dalam etika profesi.
  3. Hasil penelitian mengungkap bahwa auditor yang memiliki internal locus of control cenderung berperilaku lebih etis dalam pengambilan keputusan daripada auditor yang memiliki eksternal locus of control.
  4. Hasil pengujian mendukung hipotesis yang diajukan pada awal penelitian. Dari data Hasil Statistik Deskriptif variabel Locus of Control dapat disimpulkan bahwa rata-rata auditor memiliki locus of control internal. Hal ini terbukti bahwa rata-rata jawaban auditor berada diatas mean skor 2,86
  5. Berdasarkan dilema etika dari uji yang telah dilakukan dalam penelitian ini, hasil penelitian yakni dilema etika berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan etis.

Nilai hitung negatif, artinya pengaruh yang terjadi adalah negatif, atau dapat diartikan semakin rendah tingkat dilema etika auditor, maka semakin baik dalam pengambilan keputusan, dilema etika berpengaruh negatif terhadap pengambilan keputusan etis.

Saran :

Adapun saran dari hasil penelitian untuk penelitian selanjutnya yaitu:

  1. Sebaiknya untuk penelitian selanjutnya peneliti bisa memperluas area survey. Penelitian tidak hanya dilakukan di wilayah Makassar, tetapi seluruh Indonesia, sehingga akan lebih mewakili populasi dalam KAP di seluruh Indonesia.
  2. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti juga bisa memperluas obyek penelitian. Jadi penelitian tidak hanya fokus pada masalah perilaku dan masalah etika, tetapi juga menyangkut faktor-faktor lain.
  3. Peneliti hendaknya juga lebih memperluas sampel penelitian. Peneliti sebaiknya tidak hanya fokus pada auditor saja, tetapi masukkan juga kelompok sampel lain. Bisa saka memasukkan akuntan pendidik, akuntan manajemen, dan akuntan pemerintahan, sehingga penelitian tentang topik ini akan lebih akurat dan komprehensif.

Seperti itulah contoh dari pembuatan kata penutup makalah yang bisa kami ulas, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.