Blog

RFXjKybLUIq_7WCdp5EweksK4TvwOZiuOR0qp69u23MuJc9wp3f5fP-0e1jBjbIHBfDkD7_QFkuopHZMM26UUEjrjHXcBHIehXht5k9X2Mq9EQJOVwpm_SUaEw8LrKiaXo9iGKDH

Saat ini laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan penting bahkan bisa masuk ke dalam gaya hidup. Digunakan untuk mempermudah menyelesaikan pekerjaan bisa juga untuk hiburan semata. Bisa dipakai kapan dan dimana saja.

Namun pastinya jangan sampai melupakan akan perawatannya sendiri. Bila ini di lewatkan maka anda bisa menyesal sebab berbagai kerusakan pada akhirnya akan mengintai. Lalu bagaimana cara merawatnya:

1. Jauhkan dari cairan

Hampir bisa dikatakan kalau perangkat elektronik itu gampang rusak bila terkena cairan misalkan air. Seperti juga laptop. Sebisa mungkin jauhkan minuman kesayangan saat menggunakan laptop. Air yang menumpahi laptop akan membuat rusak seketika yang di sebabkan ada konsleting pada komponen tersebut. Terlebih bagi yang tidak tahu bagaimana cara membersihkan airnya. Kerusakan sangat mungkin ada pada motherboard, harddisk, keyboard. Bila sudah seperti ini yang bisa anda lakukan adalah segera membawa ke service komputer atau service laptop yang sudah terpercaya menurut anda.

2. Pakai antivirus

Virus memang menjadi momok bagi banyak orang. Apalagi untuk orang yang suka tukar menukar data dari satu flashdisk ke flashdisk lainnya. Untuk menangkal peredaran virus masuk ke dalam laptop hal yang perlu di lakukan adalah dengan memasang anti virus. Anti virus akan sangat membantu sekali memblok virus untuk berkembang.

Karena tahu virus ini berbahaya, tak sedikit yang memasang antivirus secara berlebihan misalkan sampai 2 apa 3. Memang akan aman si. Namun konsekuensinya adalah laptop akan menjadi lebih lambat bahkan bisa mengakibatkan hang.

3. Jangan meletakkan barang di atas laptop

Sangat tidak dianjurkan untuk menaruh barang – barang di atas laptop. Kondisi ini akan membuat layar lcd tertekan keyboard dan bisa merusaknya. Kerusakan yang sering dijumpai pada lcd itu seperti titik hitam namun lama kelamaan akan menjadi besar atau layar bergaris yang lama kelamaan garisnya akan menjadi banyak dan melebar, sehingga akan menutupi sebagian layar.

4. Bersihkan secara berkala

Selalu memperhatikan akan kebersihan laptop baik di bagian luar atau dalam. Beberapa hal yang sering membuat kotor adalah debu. Debu merupakan partikel kecil yang bisa saja masuk ke sela – sela yang sempit baik di bagian keyboard, motherboard, kipas, prosesor, fan, dinding casing. Bila ini dibiarkan maka sirkulasi udara bisa terganggu dan bisa mengakibatkan overheat.

5. Matikan laptop

Bila memang dirasa sudah tidak memakai lagi, ada baiknya mematikannya saja. Di samping akan menghemat baterai juga akan membantu mengistirahatkan komponen yang ada.

6. Jangan asal membawa

Ini juga perlu diperhatikan. Banyak orang yang membawanya dengan cara asal – asalan. Seringnya membawa dengan cara menenteng. Cara ini memang enak dan bergaya namun mengakibatkan layar lcd mendapat tekanan yang berlebihan sehingga bisa merusaknya. Langkah yang tepat saat membawa adalah dengan meletakkan bagian layar di atas seperti membawa makanan.

7. Tak sembarangan download

Banyak sekali aplikasi yang berseliweran di internet ada yang free juga. Sebaiknya tidak asal download. Pilih yang memiliki sumber jelas. Sehingga aplikasi tersebut tidak disusupi dengan malware. Bila ini terjadi maka sangat berbahaya bagi laptop mu sendiri.

8. Pakai alas yang keras

Selalu usahakan untuk meletakkan laptop pada alas yang keras atau solid. Ini sangat bagus sekali dalam membantu proses pembuangan panas. Yang mana bahan solid ini tidak akan menyerap panas. Selalu hindari untuk meletakkan di atas bantal dan kasur. Karena bahan – bahan ini malahan meredam panas membuat panas mengendap di situ saja.

9. Pakai tas khusus

Kelebihan laptop dibanding dengan komputer adalah bisa dibawa kemana – mana. Namun tidak bisa asal meletakkan dalam tas. Gunakan tas yang memang khusus membawa laptop. Pilih yang ada bagian tersendiri untuk meletakkannya. Bagian ini umumnya memiliki sekat dengan bahan empuk sehingga akan melindungi dari benturan. Dan pastikan selalu jangan terlalu banyak membawa barang agar tidak menekan laptop sendiri.

Mudah sekali bukan untuk merawatnya. Namun terkadang sebagai manusia bisa saja teledor yang mengakibatkan laptop rusak. Laptop rusak bisa diperbaiki sendiri tapi bagi anda seorang profesional pasti tidak akan ada waktu. Maka itu serahkan saja pada yang kompeten seperti service laptop di jakarta khusus daerah ibu kota dan sekitarnya. Bila di luar jangkau itu bisa menghubungi teknisi terdekat saja. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.